wawasan nusantara

PENGERTIAN WAWASAN NUSANTARA MENURUT : UNSUR, LANDASAN, LATAR BELAKANG, ASAS, ARAH PANDANG, KEDUDUKAN SERTA FUNGSI

Posted on April 25, 2011

1. Pengertian Wawasan Nusantara.

• Pengertian Wawasan Nusantara berdasarkan Tap MPR Tahun 1993 dan

1998,

Wawasan Nusantara merupakan wawasan nasional yang bersumber

pada Pancasila dan berdasarkan UUD 1945 yaitu : cara pandang dan

sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya dengan

mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan wilayah

dalam meyelenggarakan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan

bernegara.

• Pengertian Wawasan Nusantara Menurut Kelompok Kerja Wawasan

Nusantara Untuk Diusulkan Menjadi Tap MPR Yang Dibuat Lemhanas

Tahun 1999
2. Ajaran Dasar Wawasan Nusantara.

Pengertian Wawasan Nusantara dalam Geopolitik Indonesia adalah:

• Cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan

lingkungannya yang serba beragam dan bernilai strategis dengan

mengutamakan persatuan dan kesatuan wilayah dengan tetap

menghargai dan menghormati kebinekaan dalam setiap kehidupan

nasional untuk mencapai tujuan nasional.

Landasan Idiil adalah Pancasila .

Landasan Konstitusional adalah UUD 1945.

3. Unsur Dasar Konsepsi Wawasan Nusantara.

Konsepsi Wawasan Nusantara terdiri atas 3 unsur dasar :

• Wadah (Contour).

Meliputi, wilayah Indonesia yang memiliki sifat serba nusantara dengan

kekayaan alam dan penduduk serta aneka ragam budaya adalah bangsa

Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia.

Setelah merdeka NKRI mempunyai organisasi kenegaraan yang

merupakan wadah, bagi berbagai kegiatan kenegaraan dala wujud Supra

Struktur Politik dan berbagai kegiatan kemasyarakatan dalam wujud Infra

Struktur Politik.

• Isi (Content).

Isi adalah aspirasi bangsa yang berkembang di dalam masyarakat dan

dicita-citakan, serta tujuan nasional yang terdapat dalam Pembukaan

UUD 1945.

Isi menyangkut 2 hal yang esensial :

- Realisasi aspirasi bangsa sebagai kesepakatan bersama dan

perwujudannya dalam pencapaian cita-cita dan tujuan nasional.

- Persatuan dan kesatuan dalam kebinekaan yang meliputi semua

aspek kehidupan nasional.

• Tata Laku (Conduct).

Tata laku merupakan hasil interaksi antara wadah dan Isi yang terdiri atas:

- Tata Laku Batiniah, mencerminkan jiwa, semangat dan mentalitas

yang baik dari bangsa Indonesia.

- Tata Laku Lahiriah, mencerminkan tindakan, perbuatan dan perilaku

bangsa Indonesia.

Kedua hal tersebut mencerminkan jatidiri dan kepribadian bangsa Indonesia

yang berdasarkan kekeluargaan dan kebersamaan yang mempunyai rasa

bangga dan cinta terhadap tanah air dan bangsa sehingga menimbulkan

nasionalisme yang tinggi dalam semua aspek kehidupan nasional.

4. Hakikat Wawasan Nusantara.

Hakikat Wawasan Nusantara adalah:

Keutuhan Nusantara atau Nasional, dalam pengertian : Cara pandang yang

utuh menyeluruh dalam lingkup nusantara dan demi kepentingan nasional.

Ini berarti, setiap warga bangsa dan aparat negara, harus berfikir, bersikap

dan bertindak secara utuh menyeluruh dalam lingkup dan demi kepentingan

bangsa dan negara Indonesia.

5. Asas Wawasan Nusantara.

Asas Wawasan Nusantara adalah ketentuan ketentuan atau kaidah-kaidah

dasar yang harus dipatuhi, ditaati, dipelihara dan diciptakan agar terwujud

demi tetap taat dan setianya komponen atau unsur pembentuk bangsa (suku,

bangsa, golongan dll) terhadap kesepakatan atau komitmen bersama.

Jika asas Wawasan Nusantara diabaikan maka berarti cerai berainya bangsa

dan negara Indonesia.

Asas Wawasan Nusantara terdiri dari :

• Kepentingan yang sama.

• Keadilan.

• Kejujuran.

• Solidaritas.

• Kerjasama.

• Kesetiaan.

6. Arah Pandang Wawasan Nusantara.

Arah pandang wawasan nusantara meliputi :

• Arah Pandang Ke Dalam.

Bertujuan menjamin perwujudan persatuan kesatuan segenap aspek

kehidupan nasional baik aspek alamiah dan aspek sosial.

• Arah pandang ke dalam mengandung arti, bangsa Indonesia harus peka

dan berusaha untuk mencegah dan mengatasi sedini mungkin faktorfaktor penyebab timbulnya disintegrasi bangsa dan harus mengupayakan

tetap terbina dan terpeliharanya persatuan dan kesatuan dalam

kebinekaan.

• Arah Pandang Ke Luar.

Bertujuan menjamin kepentingan nasional dalam pergaulan dunia yang

serba berubah dan ikut serta melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan

kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial serta

mengembangkan suatu kerjasama dan saling menghormati.

Arah pandang keluar mengandung arti, bangsa Indonesia dalam semua

aspek kehidupan internasional harus berusaha untuk mengamankan

kepentingan nasional dalam semua aspek kehidupan baik politik,

ekonomi, sosial budaya dan pertahanan keamanan demi tercapainya

tujuan nasional.

7. Kedudukan, Fungsi dan Tujuan Wawasan Nusantara.

• Kedudukan Wawasan Nusantara.

¾ Landasan Visional, sebagai ajaran yang diyakini kebenarannya, agar

tidak terjadi penyimpangan dalam pencapaian tujuan nasional.

¾ Wawasan Nusantara dalam Paradigma Nasional dapat dilihat dari

stratifikasinya :

- Pancasila

sebagai falsafah, ideologi bangsa dan dasar negara berkedudukan

sebagai Landasan Idiil.

- UUD 1945

sebagai konstitusi negara berkedudukan sebagai Landasan

Konstitusional.

- Wawasan Nusantara

sebagai visi nasional berkedudukan sebagai Landasan Visional.

- Ketahanan Nasional

sebagai konsepsi nasional berkedudukan sebagai Landasan

Konsepsional.

- GBHN

Sebagai Politik Strategi Nasional (Kebijakan Dasar Nasional)

berkedudukan sebagai Landasan Operasional.

Fungsi Wawasan Nusantara.

Wawasan Nusantara berfungsi sebagai :

Pedoman, motivasi, dorongan dan rambu-rambu dalam menentukan

kebijaksanaan, keputusan, tindakan dan perbuatan baik bagi

penyelenggara negara di tingkat pusat dan daerah maupun bagi seluruh

masyarakat Indonesia dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan

bernegara.

• Tujuan Wawasan Nusantara.

Wawasan Nusantara bertujuan, mewujudkan nasionalisme yang tinggi di

segala bidang kehidupan rakyat Indonesia yang lebih mengutamakan

kepentingan nasional daripada kepentingan orang perorang ataupun

golongan.

Posted in Uncategorized | Leave a comment
Batas Wilayah Indonesia
Posted on April 4, 2011 by batavia1991

A . Latarbelakang Berdasarkan Falsafah Pancasila.

Berdasarkan falsafah Pancasila, manusia Indonesia adalah :

• Makhluk ciptaan Tuhan yang mempunyai naluri, akhlak dan daya pikir

dan sadar akan keberadaannya yang serba terhubung dengan

sesamanya, lingkungan alamnya dan dengan Penciptanya.

• Kesadaran ini menumbuhkan cipta, karsa dan karya untuk:

mempertahankan eksistensi dan kelangsungan hidupnya dari generasi

ke generasi demi terciptanya suasana damai dan tenteram menuju

kebahagiaan demi terselenggaranya keteraturan dalam berhubungan

dengan sesamanya.

• Dengan demikian nilai-nilai Pancasila sebenarnya telah bersemayam

dan berkembang dalam hati sanubari bangsa Indonesia termasuk

dalam menggali dan mengembangkan wawasan nasional, hal ini dapat

dilihat dalam sila-sila Pancasila.

B. Latarbelakang Berdasarkan Aspek Kewilayahan Nusantara.

Geografi adalah wilayah yang tersedia dan terbentuk secara alamiah.

Kondisi obyektif geografis merupakan wadah atau ruang sebagai ruang

gerak hidup

suatu bangsa yang didalamnya terdapat Sumber Daya Alam dan Sumber

Daya Manusia.

Oleh karena itu geografis merupakan fenomena yang mutlak

diperhitungkan baik fungsi maupun pengaruhnya terhadap sikap dan

tatalaku negara yang bersangkutan. Demikian juga sebaliknya, perlu

diperhitungkan dampak sikap dan tatalaku negara terhadap geografis

sebagai tata hubungan antara manusia dan wadah lingkungan.

Kondisi Obyektif Geografis Nusantara

Kondisi obyektif geografis nusantara merupakan untaian ribuan pulaupulau yang tersebar dan terbentang di katulistiwa terletak pada posisi

silang yang strategis, dengan watak atau karakteristik yang berbeda

dengan negara lain.

• Wilayah Indonesia Pada Saat Proklamasi 17 Agustus 1945.

Masih berlaku TERRITORIALE ZEE EN MARITIEME KRINGEN

ORDONANTIE TAHUN 1939.

Dimana lebar laut wilayah Indonesia adalah 3 mil diukur dari garis air

rendah dari masing-masing pulau Indonesia.

Penetapan lebar wilayah laut 3 mil ini, tidak menjamin kesatuan

wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (bila dihadapkan dengan

pergolakkan-pergolakkan yang terjadi di dalam negeri dan lingkungan

keadaan alam). Atas pertimbangan tersebut maka keluarlah :

* Yang menyatakan tentang penentuan batas lautan teritorial (yang

lebarnya 12 mil) diukur dari garis yang menghubungkan titik-titik ujung

yang terluar pada pulau-pulau negara Indonesia.

Maka sejak itu berubahlah luas wilayah Indonesia dari:

Kurang lebih 2 juta km persegi menjadi 5 juta km persegi :

Dimana kurang lebih 65 % wilayahnya terdiri dari laut atau perairan

(negara maritim), dan 35 % adalah daratan. Terdiri dari 17.508 buah

pulau dengan :

5 (lima) buah pulau besar : Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi dan

Irian Jaya dan 11.808 pulau-pulau kecil yang belum diberi nama.

Dengan luas daratan : kurang lebih 2.028.087 km persegi.

Dengan panjang pantai : kurang lebih 81.000 km persegi.

Topografi daratannya : merupkan pegunungan dengan gununggunung berapi, baik yang masih aktif maupun yang sudah tidak aktif.

Jadi pengertian Nusantara adalah kepulauan indonesia yang terdiri

dari 17.508 pulau-pulau baik pulau besar dan pulau kecil dan diantara

batas-batas astronomis sebagai berikut :

- Utara : 06o08o lintang utara – Selatan : 11o15olintang selatan

- Barat : 94o45obujur barat – Timur : 141o 05oderajad bujur timur

Dengan jarak Utara – Selatan : kurang lebih 1.888 km persegi.

Jarak antara Barat – Timur : kurang lebih 5.110 km persegi.

• Konferensi PBB tentang Hukum Laut Internasional yang ke-3

Tahun 1982.

Melalui konferensi tersebut maka pokok-pokok asas negara kepulauan

diakui dan dicantumkan dalam UNCLOS 1982(United Nation

Convention On The Law Of The Sea).

Indonesia meratifikasi UNCLOS 1982 melalui Undang Undang No. 17

th 1985 pada tanggal 13 desember 1985.

Berlakunya UNCLOS 1982, akan berpengaruh dalam upaya

pemanfaatan laut bagi kepentingan kesejahteraan seperti , bertambah

luasnya Zone Ekonomi Eksklusif (ZEE) dan Landas Kontinen

Indonesia (200 mil).

UNCLOC 1982 memberikan keuntungan bagi pembangunan nasional:

- Bertambah luasnya perairan yuridiksi nasional berikut kekayaan

alam yang terkandung dilaut dan dasar lautnya, serta terbukanya

peluang untuk memanfaatkan laut sebagai medium transportasi

namun dari segi kerawanan juga bertambah.

Perjuangan Indonesia selanjutnya menegakkan kedaulatan dirgantara

terutama dalam rangka memanfaatkan wilayah Geo Stationery Orbit

(GSO) yang dapat dijadikan wilayah kepentingan ekonomi maupun

pertahanan dan keamanan negara dan bangsa Indonesia.

C. Latarbelakang Berdasarkan Aspek Sosial Budaya Bangsa Indonesia.

Kebudayaan diungkapkan sebagai cipta, rasa dan karsa manusia (budi,

perasaan dan kehendak).

Sosio budaya sebagai salah satu aspek kehidupan nasional adalah faktor

dinamik masyarakat yang terbentuk oleh keseluruhan pola tingkah laku

lahir dan batin yang memungkinkan hubungan sosial diantara

anggotanya.

Masyarakat Indonesia, sejak awal terbentuknya dengan ciri kebudayaan

yang sangat beragam oleh pengaruh ruang hidup berupa kepulauan

dengan ciri alamiah tiap-tiap pulau yang berbeda-beda pula. Disamping

perbedaan ruang hidup, masyarakat Indonesia dibedakan pula dengan

dasar Ras dan Etnik, yang memberikan perbedaan-perbedaan secara

khas kebudayaan tiap daerah dan sekaligus menampakkan perbedaanperbedaan daya inderawi serta pola tingkah laku kehidupan baik dalam

hubungan vertikal maupun horisontal.

Dari ciri-ciri alamiah dapat dibedakan secara lahiriah :

Orang Jawa, orang Batak, orang Madura, orang Dayak, orang Aceh dan

sebagainya.

Dari ciri-ciri ruang hidup (asal-usul masyarakat) dapat dibedakan :

• Masyarakat nelayan dengan sifat pemberani, agresif, terbuka dan

Masyarakat agraris dengan sifat teratur (mengikuti ritme alam),

mementingkan keakraban, kurang terbuka.

• Masyarakat Desa dengan sifat religius, kekerabatan dan paguyuban

Masyarakat Kota dengan sifat materialistik, individual dan

patembayan.

Kebudayaan adalah warisan yang bersifat memaksa bagi masyarakat

yang bersangkutan. Artinya generasi suatu masyarakat lahir dengan serta

merta mewarisi norma-norma dari masyarakat sebelumnya.

Warisan budaya tersebut diterima secara emosional dan mengikat ke

dalan serta kuat, artinya ketersinggungan budaya (meskipun sepele)

dapat memicu antar golongan masyarakat.

Warisan budaya membentuk ikatan pada setiap individu atau masyarakat

dengan daerah asal sehingga dapat membentuk sentimen-sentimen

kelompok, suku, daerah asal (Parochial), yang seringkali dapat dijadikan

sebagai perisai terhadap ketidakmampuan individu-individu atau

kelompok masyarakat dalam menghadapi tantangan lingkungan yang

dianggap mengancam eksistensi budayanya.

Berdasarkan ciri-ciri dan sifat-sifat kebudayaan serta kondisi dan

konstelasi geografi NKRI, tergambar jelas : betapa heterogen dan uniknya

masyarakat Indonesia.

Oleh karena itu, dalam prospektif budaya tata kehidupan nasional yang

berhubungan dengan interaksi antar golongan masyarakat mengandung

potensi konflik yang sangat besar. Terlebih dengan kesadaran nasional

masyarakat Indonesia yang relatif masih rendah sejalan dengan masih

terbatasnya jumlah masyarakat yang terdidik.

Dari tinjauan sosio budaya tersebut pada akhirnya dapat dipahami bahwa:

• Proses sosial dalam keseluruhan upaya menjaga persatuan nasional

sangat membutuhkan kesamaan persepsi atau kesatuan cara

pandang segenap masyarakat, tentang eksistensi budaya yang sangat

beragam namun mempunyai semangat untuk membina kehidupan

bersama yang harmonis. Sehingga…

• Wawasan nasional atau wawasan kebangsaan indonesia diwarnai

dengan keinginan untuk menumbuhsuburkan :

¾ Faktor positif : seperti terwujudnya persatuan dan kesatuan

bangsa.

¾ Keinginan untuk mengurangi faktor negatif yang dapat

menimbulkan disintegrasi bangsa.

D. Latarbelakang Berdasarkan Aspek Kesejarahan.

Perjuangan suatu bangsa dalam meraih cita-citanya pada umumnya

tumbuh dan berkembang akibat latarbelakang sejarah, demikian pula

dengan sejarah Indonesia.

Sebelum ada wilayah Nusantara, ada 2 kerajaan besar yang landasannya

mewujudkan kesatuan wilayah (meskipun belum timbul rasa kebangsaan

namun sudah ada semangat bernegara). Dua kerajaan tersebut adalah :

Kerajaan Sriwijaya dan Kerajaan Majapahit.

Dalam perjuangan berikutnya, nuansa kebangsaan mulai muncul sejak

tahun 1900-an dengan konsep baru dan modern. Wujud konsep baru

tersebut adalah lahirnya Proklamasi Kemerdekaan dan Proklamasi

Penegakan Negara Merdeka.

Posted in Uncategorized | Leave a comment
paham kekuasaan dan teori geopolitik
Posted on April 4, 2011 by batavia1991

Teori – Teori kekuasaan

Wawasan nasional suatu bangsa di bentuk dan di jiwai paham kekuasaan dan Geopolitik

yang dianutnya .

1. Paham – paham Kekuasaan

a. Paham Machiavelli

Dalam bukunya tentang politik dengan judul : The Prince Machiavelli memberikan

pesan tentang cara membentuk kekuatan politik yang besar agar sebuah negara dapat

berdiri kokoh, di dalam terkandung beberapa kostulat dan cara pandang bagaimana

memelihara kekuasaan politik menurut Machiavelli , sebuah negara akan bertahan bila

menerapkan dalil-dalil :

• Pertama, dalam merebut dan mempertahankan kekuasaan segala cara di halalkan

• Kedua, untuk menjaga kekuasaan rezim , politik adu domba adalah sah.

• Ketiga, dalam dunia politik ,yang kuat pasti dapat bertahan dan menang.

b. Paham Kaisar Napoleon Bonaparte ( abad XVIII )

Merupakan revilusioner dibidang cara pandang dan pengikut teori Machiavelli .

Napoleon berpendapat bahwa :

• Perang di masa depan akan merupakan perang total yang mengerahkan segala

daya upaya dan kekuatan nasional

• Kekutan politik harus di dampingi kekutan logistik dan ekonomi nasional yang di

dukung sosbud berupa IPTEK sautu bangsa demi untuk membentuk kekutan

hamkam dalam mendukung dan menjajah negara negara Perancis .

O.K.I terjadi invasi militer besar-besaran oleh napoleon ke negara tetangga dan

akhirnya di rusia ( tetapi menjadi bumerang sehingga Napoleon dibuang di pulau

Elba )

c. Paham Jenderal Clausewitz.

Bersama dengan era napoleon di rusia hidup jenderal Clausewitz ( diusir napoleon dari

negaranya hingga ke rusia ) .

Clau sewitz kahirnya bergabung dan menjadi penasehat militer staf umum tentara

kekaisaran rusia .

Jenderal Clausewit menulis sebuah buku tentang perang yang Vom Kriege

Menurut Clausewit, perang adalah :

Kelanjutan politik dengan cara lain .

Peperangan adalah sah –sah saja dalam memcapai tujuan nasional suatu bangsa

pemikiran tersebut inilah yang membenarkan / menghalalkan Prusia ber ekspansi

sehingga menimbulkan Perang Dunia I dengan kekalahan dipihak Prusia (Kekaisaran

Jerman).

Pend. Kewarganegaraan – ATA 07/08 Halaman 2 dari 5d. Paham Fuerback dan Hegel .

Pada abad XV11 maraknya paham Perdagangan Bebas ( Merchantilism ) merupakan

nenek moyang Liberalisme .

Paham ini berpendapat bahwa :

• Ukuran keberhasilan ekonomi suatu negara adalah seberapa besar surplus

ekonominya terutama terukur dari emas,

Sehingga memicu nafsu konolialisme negara barat

dalam memcari emas ke tempat lain.

Inilah yang memotivasi columbus memcari daerah baru

yaitu Amerika yang di ikuti Magelhen berkeliling dunia.

e. Paham Lenin ( Abad XIX )

Lenin telah memodifikasi ajaran Clausewitz, menurut Lenin, perang ialah : Kelanjutan

politik secara kekerasan .

Bahkan rekan Lenin yaitu ; Mao zhe dong lebih ekstrim lagi ,yaitu perang ialah ;

Kelanjutan politik dengan pertumpahan darah .

Sehingga bagi komunis / Leninisme

• Perang bahkan pertumpahan darah atau revolusi di negara lain diseluruh dunia

adalah sah-sah saja ,yaitu dalam kerangka mengkonomiskan seluruh bangsa di

dunia.

O.K.I selama perang dingin USSR dan RRC berlomba – lomba mengeksport paham

komunis ke seluruh dunia.

f. Paham Lucian W.Pye dan Sidney .

Dalam bukunya : political culture and Political Development, menjelaskan :

• Adanya peranan unsur-unsur subyektif dan psilogis dalam tatanan dinamikan

kehidupan politik suatu bangsa, sehingga kemantapan suatu sistem politik

dinamika hanya dapat dicapai bila berakar pada kebudayaan politik bangsa . ybs

• Kebudayaan politik akan menjadi pandangan baku dalam melihat kesejahteraan

sebagai politik, dengan demikian, maka dalam memproyeksikan eksistensi

kebudayaan politik tidak semata-mata di tentukan kondisi-kondisi obyektiftapi juga

harus menghayati subyektif psikologis sehingga dapat menempatkan kesadaran

dalam kepribadian bangsa.

2. Teori – Teori geopolitik

Geopolitik berasal dari kata geo atau bumi, sedangkan politik berarti kekuatan yang

berdasarkan pada pertimbangan “dasar dalam menentukan alternatif kebijaksanaan dasar

nasional untuk mewujudkan tujuan nasional.

a. Pandangan ajaran Frederich Ratzel

Pada abad ke 19, untuk pertama kalinya Frederich Ratzel merumuskan tentang ilmu

bumi politik sebagai hasil penelitian secara ilmiah dan universal (tidak khusus suatu

negara).

Pokok – pokok ajaran Frederich Ratzel adalah :

• Dalam hal tertentu pertumbuhan negara dapat dianalogikan dengan pertumbuhan

organisme yang memerlukan ruang lingkup melalui proses :

• Lahir – Tumbuh – Berkembang – survive of life, menyusut dan mati.

• Negara identik dengan suatu ruang yang ditempati oleh kelompok politik dalam arti

kekuatan, makin luas potensi ruang tersebut, makin memungkinkan kelompok

politik itu tumbuh.

• Suatu bangsa dalam mempertahankan kelangsungan hidupnya tidak terlepas dari

hukum alam, hanya yang unggul yang dapat bertahan terus.

• Semakin tinggi budaya suatu bangsa, semakin besar ketumbuhan dukungan akan

sumber daya alam yang diperlukan.

Pend. Kewarganegaraan – ATA 07/08 Halaman 3 dari 5Ilmu bumi politik Ratzel menimbulkan : 2 aliran yaitu

1. Kekuatan di darat Ratzel melihat adanya persaingan antara kedua

2. Kekuatan di laut maka Ratzel mengemukakan pemikiran yang baru.

ª

Dengan meletakan dasar : supra struktur Geopolitik

Yang meliputi : kekuatan total atau menyeluruhsuatu bangsa harus mampu mewadahi

pertumbuhannya dihadapkan pada situasi dan kondisi lingkungan geografisnya.

Pemikiran Ratzel menyatakan, bahwa ada keterkaitan antara struktur politik (kekuatan

politik) dengan geografi disatu pihak, dengan tuntutan perkembangan atau

pertumbuhan negara yang dianalogikan dengan organisme (kehidupan biologis) di

satu pihak.

b. Pandangan ajaran Rudolf Kjellen.

Kjellen melanjutkan ajaran Ratzel (Teori Organisme), jika Ratzel negara “dianalogikan”

sebagai organisme maka Kjellen menyatakan negara adalah suatu organisme yang

dianggap sebagai “Prinsip dasar”

Pokok – pokok ajaran Rudolf Kjellen adalah :

• Negara sebagai satuan biologis, suatu organisme hidup yang juga mempunyai

intelektual.

• Tujuan negara dicapai dengan ruangan yang luas untuk pengembangan secara

bebas kemampuan rakyatnya.

• Negara merupakan sistem politik atau pemerintahan yang meliputi bidang :

• Geopolitik, ekonomi politik, demo politik, sospol dan kratopol. (pol.pem)

• Negara tidak harus bergantung dengan sumber pembekalan dari luar tapi harus

mampu berswasembada dan memanfaatkan kemajuan kebudayaan dan teknologi

untuk meningkatkan kekuatan nasionalnya.

- Kedalam, mencapai persatuan dan kesatuan yang harmonis

- Keluar, memperoleh batas – batas negara yang lebih baik

c. Pandangan ajaran karl.haushofer.

Pandangan ini berkembang di jerman,kekuasan Adolf Hitler (nasisme)

Jepang ,kekuasaan Hako Ichu (militerisme dan fasisme])

Pokok-pokok ajaran Haushofer (menganut ajaran Kjellen) adalah:

• Kekuasaan Imperium Daratan yang kompak akan dapat mengejar

Kekuasaan Imperium Maritim untuk menguasai pengawasan di laut

• Beberapa negara besar di dunia akan timbul dan akan menguasai:

Eropa,Afrika dan Asia Barat (Jerman dan Itali) serta Jepang di Asia Timur Raya.

• Geopolitik ialah doktrin negara yang menitik beratkan pada soal-soal strategi

perbatasan ,ruang,ruang hidu bangsa dan tekanan-tekanan kekuasaan dan sosial

yang rasial mengharuskan pembagian baru dari kekayaan alam di dunia .

(Geopolitik adalah landasan dari tindakan politik dalam perjuangan kelangsungan

hidup untuk memdapatkan ruang hidupnya).

d. Pandangan Ajaran Sir Halford Mackinder.

Ahli Geopolitik ini menganut konsep kekuatan ,yaitu: kekuatan di Darat (wawasan

benua) ,ajarannya adalah:

• Barang siapa dapat menguasai daerah jantung yaitu: Eurasia (Eropa dan Asia)

akan dapat menguasai pulau dunia yaitu Eropa,Asia,dan Afrika, barang siapa dapat

menguasai pulau di dunia akhirnya dapat mengusai dunia

e. Pandangan Ajaran Sir Wartel Raleigh dan Alfred Thyer Mahan .

Kedua ahli ini mempunyai gagasan tentang kekuatan di lautan [wawasan Bahari]

• Barang siapa yang mengusai lautan akan mengusai perdangan Mengusai

perdagangan berarti mengusai kekayaan dunia ,sehingga akhirnya menguasai

Dunia

Pend. Kewarganegaraan – ATA 07/08 Halaman 4 dari 5f. Pandangan Ajaran W.Mitchel A.Saversky ,Giulio Douhet ,dan John Frederik Charles

Fuller

Keempat ahli mempunyai gagasan tentang kekuatan di udara (wawasan dirgantara)

• Kekuatan udara mempunyai daya tangkis terhadap ancaman yang dapat di

andalkan dan melumpuhkan kekuatan lawan dengan penghancuran di kandang

lawan itu sendiri agar tidak mampu bergerak menyerang.

g. Pandangan ajaran Nicholas J. Spykman

Ajarannya menghasilkan Teori Daerah Batas (Rimland) yaitu Wawasan Kombinasi,

menggabungkan kekuatan Darat, Laut & Udara, sesuai dengan keperluan & kondisi

suatu negara.

Ajaran Wawasan Nasional Indonesi

Ajaran Wawasan Nasional Indonesia Wawasan Nasional Indonesia dibentuik & dijiwai oleh paham kekuasaan bangsa Indonesia & Geopolitik bangsa Indonesia. 1. Paham Kekuasaan Bangsa Indonesia Bangsa Indonesia yang berfalsafah & berideologi Pancasila menganut paham : tentang perang dan damai berupa, Bangsa Indonesia cinta damai, akan tetapi lebih cinta kemerdekaan. Dengan demikian Wawasan Nasional bangsa Indonesia : ™ Tidak mengembangkan ajaran tentang kekuatan & adu kekuatan, (karena mengandung benih persengketaan & ekspansionisme), tetapi menyatakan bahwa : ) Idiologi digunakan sebagai landasan idiil dalam menentukan politik nasional yang dihadapkan pada kondisi & konstelasi geografis Indonesia dengan segala aspeknya, agar bangsa Indonesia dapat menjamin kepentingan bangsa & negara,ditengah – tengah perkembangan dunia. 2. Paham Geopolitik Bangsa Indonesia Pemahaman tentang negara atau state, Indonesia menganut paham Negara Kepulauan yaitu paham yang dikembangkan dari Archipelego Concept (Asas Archipelego) yang memang berbeda dengan pemahaman Archipelego di negara-negara Barat pada umumnya. Perbedaan yang esensial dari pemahaman ini adalah : ™ Menurut Paham Barat peranana laut sebagai pemisah pulau, sedang PahamIndonesia menyatakan laut sebagai penghubung sehingga wilayah negara sebagai satu kesatuan yang utuh sebagai Satu Tanah Air dan disebut Negara Kepulauan.

Posted in Uncategorized | Leave a comment
Implementasi Wawasan Nusantara dan Tantangannya
Posted on April 4, 2011 by batavia1991
Implementasi Wawasan Nusantara

Implementasi atau penerapan wawasan nusantara harus tercermin pada pola pikir, pola sikap, dan pola tindak yangsenantiasa mendahulukan kepentingan bangsa dan negara daripada kepentingan pribadi atau kelompok. Dengan kata lain, wawasan nusantara menjadi pola yang mendasari cara berpikir, bersikap, dan bertindak dalam rangka menghadapi berbagai masalah menyangkut kehidupan bermayarakat, berbangsa dan bernegara. Implementasi wawasan nusantara senantiasa berorientasi pada kepentingan rakyat dan wilayah tanah air secara utuh dan menyeluruh .

TANTANGAN IMPLEMENTASI WAWASAN NUSANTARA

Tantangan itu antara lain adalah pemberdayaan rakyat yang optimal, dunia yang tanpa batas, era baru kapitalisme, dan kesadaran warga negara.

Aspek Politik

Satu kesatuan politik, dalam arti satu UUD dan politik pelaksanaannya serta satu ideologi dan identitas nasional.

Perwujudan kepulauan nusantara sebagai satu kesatuan politik, yang

meliputi:

a. Kebulatan wilayah dengan segala isinya merupakan modal dan milik

bersama bangsa Indonesia

b. Keanekaragaman suku, budaya, dan bahasa daerah, serta agama yang

dianutnya tetap dalam kesatuan bangsa Indonesia

c. Secara psikologis, bangsa Indonesia merasa satu persaudaraan, senasib

dan seperjuangan, sebangsa dan setanah air dalam mencapai cita-cita

bangsa.

d. Pancasila merupakan dasar falsafah dan ideology yang dapat

mempersatukan bangsa Indonesia menuju tercapainya suatu cita-cita

nasional.

Aspek Ekonomi

Satu kesatuan ekonomi dengan berdasarkan atas asas usaha bersama dan asas kekeluargaan dalam satu sistem ekonomi kerakyatan.

Perwujkudan kepulauan nusantara sebagai satu kesatuan ekonomi yang

meliputi;

a. Kekayaan di wilayah nusantara secara potensial dan efektif menjadi

modal dan milik bersama bangsa Indonesia untuk memenuhi kebutuhan

pembangunan bangsa secara merata.

b. Tingkat perkembangan ekonomi harus seimbang dan serasi diseluruh

daerah dalam wilayah Indonesia.

c. Kehidupan perekonomian di seluruh wilayah nusantara diselenggarakan sebagai usaha bersama dengan asas kekeluargaan dalam system ekonomi kerakyatan untuk sebesar-besarnya bagi kemakmuran rakyat.

Aspek Ideologi

Secara ideologis-konstitusional, bangsa Indonesia berdasarkan pada nilainilai Pancasila dan UUD 1945, yang secara subtantif (isinya), dapat memberi arah pandang kemajemukan bangsa Indonesia pada prinsip persatuan dan kesatuan bangsa.

Aspek Pertahanan Keamanan

Wawasan Nasional bangsa Indonesia adalah Wawasan Nusantara yang merupakan pedoman bagi proses pembangunan nasional menuju tujuan nasional. Sedangkan ketahanan nasional merupakan kondisi yang harus diwujudkan agar proses pencapaian tujuan nasional tersebut dapat berjalan dengan sukses. Oleh karena itu diperlukan suatu konsepsi Ketahanan Nasional yang sesuai dengan karakteristik bangsa Indonesia. Dan dapat dikatakan bahwa Wawasan Nusantara dan ketahanan nasional merupakan dua konsepsi dasar yang saling mendukung sebagai pedoman bagi penyelenggaraan kehidupan barbangsa dan bernegara agar tetap jaya dan berkembang seterusnya.

Aspeksosial dan budaya
Untuk mempercepat tercapainya tujuan wawasan Nusantara, disamping implementasi seperti yang telah disebutkan diatas, perlu juga dilakukan pemasyarakatan materi Wawasan Nusantara kepada seluruh masyarakat Indonesia. Pemasyarakatan Wawasan Nusantara tersebut dapat dilakukan dengan cara berikut
1. Menurut sifat atau cara penyampaian, yang dapat dilaksanakan sebagai berikut:
a. Langsung yang terdiri dari ceramah, diskusi, dialog, tatap muka
b. Tidak langsung, yang terdiri dari media elektronik dan media cetak

2. Menurut metode penyampaian yang berupa :
a. Keteladanan. Melalui metode penularan keteladanan dalam sikap perilaku kehidupan sehari-hari kepada lingkungannya serutama dengan memberikan contoh-contoh berpikir, bersikap dan bertindak mementingkan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi atau golongan sehingga timbul semangat kebangsaan yang selalu cinta tanah air.
b. Edukasi, yakni melalui metode pendekatan formal dan informal. Pendidikan formal ini dimulai dari tingkat taman kanak-kanak sampai perguruan tinggi, pendidikan karier di semua strata dan bidang profesi, penataran, kursus dan sebagainya. Sedangkan pendidikan non-formal dapat dilaksanakan di lingkungan keluarga, pemukiman, pekerjaan, dan organisasi kemasyarakatan.
c. Komunikasi. Tujuan yang ingin dicapai dari sosialisasi wawasan nusantara melalui metode komunikasi adalah tercapainya hubungan komunikatif secara baik yang akan mampu menciptakn iklim saling menghargai, menghormati, mawas diri, dan tenggang rasa sehingga terciptanya kesatuan bahasa dan tujuan tentang wawasan nusantara.
d. Integrasi.tujuan yang ingin dicapai dari pemasyarakatan/sosialisasi wawasan nusantara melalui metode ini adalah terjalinnya pemahaman tentang wawasan nusantara akan membatasi sumber konflik di dalam tubuh bangsa Indonesia baik pada saat ini maupun di masa mendatang dan akan memantapkan kesadaran untuk mengutamakan kepentingan nasional dan cita-cita tujuan nasional.
Dalam melaksanakan pemasyarakatan, lingkup materi wawasan nusantara yang disampaikan hendaknya disesuaikan dengan tingkat, jenis, serta lingkungan pendidikan agar materi yang disampaikan tersebut dapat mengerti dan dipahami.

BAB II WAWASAN NUSANTARA

A. Wawasan Nasional Suatu Bangsa

Wawasan Nasional adalah cara pandang suatu bangsa yang telah menegara tentang diri dan lingkungan dalam eksistensinya yang serba terhubung dan dalam pembangunannya dilingkungan Nasional, Regional serta Global

B. Teori-teori Kekuasaan

a. Paham-paham Kekuasaan

Teori-teori yang mendukung :

  1. Paham Machiavelli (Abad XVII)
  2. Paham Kaisar Napoleon Bonaparte (Abad XVIII)
  3. Paham Jendral Clausewitz (Abad XVIII)
  4. Paham Feverback dan Negel
  5. Paham Lucian W. Pye dan Sydney

b. Teori-teori Geopolitik

Beberapa pendapat dari pakar-pakar geolpolitik :

  1. Pandangan ajaran Frederich Ratscel
  2. Pandangan ajaran Rudolf
  3. Pandangan ajaran Karl Haushofer
  4. Pandangan ajaran Sir Halford Machinder

C. Latar Belakang Filosofis Wawasan Nusantara

  1. Pemikiran Berdasarkan Falsafah Pancasila

Wawasan kebangsaan / nasional yang dianut dan dikembangkan oleh bangsa Indonesia merupakan pancaran dari pancasila sebagai falsafah hidup bangsa Indonesia.

2. Pemikiran Berdasarkan Aspek Kewilayahan Nusantara

3. Pemikiran Berdasarkan Aspek Sosial Budaya

Dengan adanya kesamaan persepsi ini wawasan kebangsaan / nasional Indonesia diwarnai oleh keinginan untuk menumbuh-suburkan faktor-faktor positif, mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa.

4. Pemikiran Berdasarkan Aspek Kesejahteraan

D. Ajaran Dasar Wawasan Nusantara

  1. Landasan Idiil Pancasila

Pancasila sebagai falsafah bangsa Indonesia telah dijadikan landasan idiil dan dasar negara sesuai Pembukaan UUD ‘45

2. Landasan Konstitusional UUD ‘45

Dengan demikian UUD ’45 seharusnya dan sewajarnya menjadi landasan konstitusional dari wawasan nusantara yang merupakan cara pandang dalam masyarakat.

E. Unsur Dasar Konsepsi Wawasan Nusantara

    1. Wadah (Contour)
    2. Isi (Content)
    3. Tata Laku (Conduct)

E . Asas Wawasan Nusantara

Asas wawasan nusantara terdiri dari kepentingan yang sama, tujuan yang sama, keadilan, kejujuran, solidaritas, kerjasama dan kesetiaan terhadap ikrar bersama demi terpeliharanya persatuan dan kesatuan.

F. Pemasyarakatan / Sosialisasi Wawasan Nusantara

Pemasyarakatan wawasan Nusantara dapat dilakukan dengan cara sbb :

  1. Menurut Sifat Penyampaiannya
    1. Langsung (Contoh : Diskusi)
    2. Tidak Langsung (Contoh : Media Cetak)
  2. Menurut Metode Penyampainnya
    1. Keberadaan
    2. Edukasi
    3. Komunikasi
    4. Integrasi

G. Tantangan Implementasi

Tantangan ini antara lain adalah pemberdayaan rakyat yang optimal, dunia yang tanpa batas, era baru kapitalisme dan kesadaran warga negara.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s